Text
Manajemen pendidikan karakter di SMP Nasional 1 Bekasi
MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NASIONAL 1 BEKASI (2017)
Fira Diniyanti Amalia
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nasional 1 Bekasi, yang bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan manajemen pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2016 hingga Desember 2016. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, kepala divisi outdoor learning dan beberapa informan pendukung antara lain guruguru Nassa Valley dan peserta didik SMP Nasional 1 Bekasi. Perencanaan pendidikan karakter dilakukan dengan menentukan kegiatan yang dapat membentuk karakter peserta didik, menentukan teknik yang akan diberikan, dan menyusun jadwal pelaksanaan. Lalu program yang sudah disusun itu dipresentasikan oleh kepala divisi outdoor learning dalam rapat pimpinan di depan seluruh para pimpinan. Di dalam rapat pimpinan ini program tersebut dibahas untuk mendapat masukan dan saran dari pimpinan lain. Sehingga program yang sudah disusun tersebut isinya bisa ditambah atau dikurangi agar menjadi program yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh seluruh warga sekolah. Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui program paket satu bulan outdoor learning, yang memuat beberapa kegiatan untuk membentuk karakter peserta didik antara lain kegiatan pramuka, kegiatan keagamaan, kegiatan practical life, dan kegiatan Siswa Peduli Lingkungan Nassa (SPLN). Pihak sekolah hendaknya dalam merencanakan pendidikan karakter melibatkan seluruh komunitas sekolah, yakni guru, orang tua dan masyarakat sekitar, serta dalam menyusun program pendidikan karakter hendaknya mencantumkan nilai-nilai karakter yang akan ditanamkan kepada peserta didik dalam program pendidikan karakter.
Kata kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Karakter Bibliografi : lembar 101-103
SS00013202 | SK 13202 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain