Text
Meningkatkan hasil belajar matematika pengurangan melalui metode bercerita pada peserta didik Tunagrahita Ringan kelas IV SDLB : penelitian tindakan kelas di SLB B&C Dian Kahuripan Jakarta Timur
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENGURANGAN MELALUI METODE BERCERITA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV SDLB
(Penelitian Tindakan Kelas di SLB B&C Dian Kahuripan, Jakarta Timur)
(2016)
HARTATI
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pengurangan pada peserta didik tunagrahita ringan kelas IV di SLB B&C Dian Kahuripan, Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I diperoleh persentase hasil belajar rata-rata 80% sudah memenuhi target namun 2 peserta didik belum memenuhi target yang ingin dicapai peneliti, maka dilanjutkan ke siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika pengurangan pada peserta didik tunagrahita ringan kelas IV SDLB yang diperoleh dari data hasil analisis pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan perolehan skor pada saat evaluasi. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik untuk menggunakan metode pembelajaran yang menarik salah satunya adalah penggunaan metode bercerita dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Hasil belajar matematika, metode bercerita, peserta didik tunagrahita ringan.
Bibliografi : lembar 132
SS00013201 | SK 13201 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain