Text
Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui bermain Serbuk Kayu Berwarna (Seruna) : penelitian tindakan kelas di TK Tunas Wiratama, Rawamangun Jakarta Timur
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN SERBUK KAYU BERWARNA (SERUNA) (Penelitian Tindakan Kelas di KB/TK Tunas Wiratama, Rawamangun, Jakarta Timur) (2017)
Kiki Rizqia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di KB/TK Tunas Wiratama, Rawamangun, Jakarta Timur, melalui bermain serbuk kayu berwarna (seruna) yang dilaksanakan pada bulan November – Desember 2016. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari anak-anak TK A yang berjumlah 10 orang anak, yaitu terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus. Masing-masing siklus terdapat perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing, dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan non tes untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan tindakan dan data keterampilan motorik halus anak yaitu melalui observasi berupa catatan lapangan, catatan dokumentasi, dan catatan wawancara serta pedoman penilaian keterampilan motorik halus. Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain serbuk kayu berwarna (seruna) dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Implikasi dari penelitian ini yaitu bahwa bermain serbuk kayu berwarna dapat dijadikan bahan alternatif dalam kegiatan di sentra maupun di kelas untuk dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan pelaksanaan yang bervariasi dan tidak membosankan.
Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus, Bermain Serbuk Kayu Berwarna (Seruna), Anak, Usia 4-5 Tahun
Bibliografi : lembar 197-200
SS00013200 | SK 13200 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain