Text
Peningkatan hasil belajar membuat bingkai foto dalam mata pelajaran seni budaya melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas XI Akutansi SMK YADIKA 6 Bekasi : (suatu penelitian tindakan kelas)
ABSTRAK
Heliyanah. Peningkatan Hasil Belajar Membuat Bingkai foto dalam Mata Pelajaran Seni Budaya melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas XI Akutansi SMK YADIKA 6 Bekasi”. Skripsi, Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperoleh informasi faktual tentang hasil belajar membuat bingkai foto melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XI Akuntansi SMK YADIKA 6 Bekasi. Hal itu berdasarkan latar belakang bahwa kurangnya kualitas pendidikan dalam menghasilkan anak didik yang aktif dan kreatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran membua bingkai foto bermotif nusantara dan perlu adanya pendekatan pembelajaran yang menarik minat dan bakat anak usia remaja sehingga siswa termotivasi untuk belajar.
Tujuan pemberian materi ini ialah untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam mata pelajaran Seni Budaya khususnya berkarya seni rupa serta mengembangkan kreativitas dan keterampilan bagi guru maupun siswa dalam mempelajari materi bingkai foto. Materi pembelajaran bingkai foto dalam mata pelajaran Seni Budaya yang diajarkan di SMK YADIKA 6 Bekasi sesuai dengan Standar Kompetensi kelas XI semester II (dua), yakni mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. Adapun Kompetensi Dasar yang akan dikembangkan ialah membuat bingkai foto dengan berbagai teknik pembentukan, komposisi ragam hias dan kombinasi warna.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif “Action Research” yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, proses dan hasil pembelajaran dianalisis secara kualitatif deskriptif, serta didalamnya terdapat beberapa tahapan siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian dimulai bulan Febuari hingga bulan Mei 2014, yaitu pada semester genap.
Pendekatan pembelajaran yang diterapkan adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), yaitu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Seperti dengan diterapkannya Learning Community (belajar dengan membentuk kelompok), Inquiry (menemukan permasalahan ketika proses pembelajaran dan berusaha mengatasinya), Modeling (Pemodelan melalui demonstrasi), dan Reflexi (refleksi dan penilaian), dengan pembelajaran bingkai foto sebagai materi pembelajarannya.
Penelitian siklus I menunjukan hasil yang kurang memuaskan, karena masih kurangnya kreativitas dan keterampilan siswa dalam membuat bingkai foto. Hasil karya bingkai foto siswa belum optimal, karena kurangnya ketelitian siswa dalam proses pembuatan, pembentukan, teknik dan pewarnaan bingkai foto. Sedangkan hasil siklus II siswa sudah lebih terampil dalam membuat bentuk bingkai foto, bentuk bingkai foto, bentuk papan nama, peletakan komposisi motif dan pewarnaan yang lebih variatif, sehingga dapat dikatakan hasil karya siswa sudah mengalami peningkatan bila dibandingkan siklus sebelumnya.
Hasil penilaian secara keseluruhan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran bingkai foto dapat meningkatkan kemampuan siswa khususnya kemampuan kreasi siswa kelas XI Akuntansi SMK YADIKA 6 Bekasi. Penelitian ini juga dapat dijadikan pembelajaran bagi guru dalam mengembangkan materi dan media pembelajaran guna mendapatkan proses belajar mengajar yang lebih aktif, kreatif, menyenangkan dan bermakna.
Kata Kunci: Pembelajaran, Bingkai Foto, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), kelas XI SMK, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Bibliografi hal.: 150
SS00002571 | SK 2571 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain