Text
Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Square Share (TPSS) dan Think Talk Write (TTW) di SMP Negeri 4 Bekasi
ABSTRAK
SILVY ANNA HALIM, Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square Share (TPSS) dan Think Talk Write (TTW) di SMP Negeri 4 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Think Pair Square Share (TPSS) dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII-2 dan VIII-4 di SMP Negeri 4 Bekasi semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan menentukan kelas eksperimen I (model TPSS) dan kelas eksperimen II (model TTW) dari empat kelas yang dipilih secara acak. Kedua kelas eksperimen yang telah dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang sama atau homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Penelitian menggunakan hasil tes akhir (Post-test Only). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,88 yang termasuk dalam kategori tinggi. Kemudian, dilakukan juga perhitungan taraf kesukaran dan daya pembeda soal yang menyatakan 1 soal tergolong mudah (soal nomor 1), dan 3 soal tergolong sedang (soal nomor 2-4), 2 soal tergolong baik (soal nomor 2 dan 3) dan 2 soal tergolong cukup (soal nomor 1 dan 4). Berdasarkan perhitungan data penelitian, kedua kelas eksperimen berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan varians yang sama. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh nilai thitung = 2,112 dan ttabel = 1,998. Nilai thitung lebih dari ttabel sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan model Think Pair Square Share (TPSS) lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model Think Talk Write (TTW).
Kata kunci: Model Think Pair Square Share (TPSS), Model Think Talk Write (TTW), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bibliografi : lembar 77-80
SS00013238 | SK 13238 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain