Text
Perbandingan kemampuan berpikir kritais metematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing kooperatif tipe STAD, dan konvensional di SMA Kecamatan Duren Sawit
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan
perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing, kooperatif tipe STAD,
dan konvensional serta untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis
matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran penemuan
terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan
konvensional.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment
(eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster
random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan
berpikir kritis matematis pada pokok bahasan program linier dan pola bilangan
masing-masing sebanyak 4 soal uraian dengan pertemuan yang berbeda. Sebelum
digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, konstruk, dan
empiris. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha
Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,754 untuk 4 soal uji coba
pokok bahasan program linier dan 0,719 untuk 4 soal uji coba pokok bahasan
pola bilangan. Jadi, kedua soal instrumen tersebut reliabel dan termasuk
klasifikasi tinggi.
Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, masing-masing
berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hal tersebut diperoleh
dari uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas
dengan menggunakan uji Bartlett. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji analisis varians (ANAVA) kemudian dilanjutkan dengan
uji Scheffe. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh kesimpulan bahwa
kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar menggunakan model
pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan konvensional.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Penemuan Terbimbing,
Kooperatif Tipe STAD, Konvensional Bibliografi : lembar 70-72
SS00013235 | SK 13235 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain