Text
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi SPLDV sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di SMP Puspanegara
ABSTRAK
ADE NURFAUZIAH. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi SPLDV sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII-3 di SMP Puspanegara. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Pemahaman konsep matematis merupakan landasan penting dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika ataupun permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipasif. Tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, II, dan III. Siklus I terdiri dari dua pertemuan sedangkan siklus II dan III terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dari bulan November hingga Desember di kelas VIII-3 SMP Puspanegara Bogor tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai kemampuan pemahaman konsep matematis baik pada kedelapan subjek penelitian maupun keseluruhan siswa pada tes akhir siklus. Nilai rata-rata tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis pada siklus I adalah 56,53, pada siklus II meningkat menjadi 76,39 serta pada siklus III meningkat menjadi 81,53 dan telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI Bibliografi : lembar 130-132
SS00013233 | SK 13233 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain