Text
Hubungan dukungan orangtua dan kemampuan sosial dengan penguasaan kosakata : studi korelasional kelas 1 Sekolah Dasar di Wilayah Jakarta Selatan 2017
HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA
(studi korelasional di Kelas 1 Sekolah Dasar di Wilayah
Jakarta Selatan,2017)
Zahrina Amelia
Prof. Dr. dr. Myrnawati Crie Handini, MS. PKK
Dr. Elindra Yetti, M.Pd
zahrinaameliasyarif56@gmail.com
PAUD PASCASARJANA UNJ
Abstrak: Penelitian korelasional ini bertujuan untuk melihat hubungan persepsi dukungan orangtua dan kemampuan sosial terhadap penguasaan kosakata kelas 1 Sekolah Dasar di Wilayah Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, dengan subjek penelitian ini anak kelas 1 Sekolah Dasar di Annajah Jakarta Selatan dengan sampel 120 anak. Penelitian dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi pada anak. Teknik analisis data dalam penelitan ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil Menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara persepsi dukungan orangtua dengan penguasaan kosakata dengan nilai koefisien determinasi 71%, terdapat hubungan positif signifikan antara kemampuan sosial dengan penguasaan kosakata dengan nilai koefisien determinasi 71,2 %, dan terdapat hubungan bersama-sama antara persepsi dukungan orang tua dan kemampuan sosial anak terhadap penguasaan kosakata dengan koefisien determinasi 71,7%. Hasil tersebut memberikan implikasi bahwa terdapat hubungan persepsi dukungan orangtua dan kemampuan sosial terhadap penguasaan kosakata.
Kata kunci: persepsi dukungan orangtua, kemampuan sosial, penguasaan kosakata, penelitian korelasional
TM00002433 | TM 2433 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain