Text
The tendency of research topics and the accuracy of research methodological elements in Senior High School teacher classroom action research reports
Abstrak
Vini Deliana Daulay. 2017. Kecenderunan Topik dan Keakuratan Elemen Metodologi di dalam dokumen Penelitian Tindakan Kelas Guru Sekolah Menengah Atas. Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu alat di dalam konteks pendidikan untuk menginvestigasi masalah yang terjadi di dalam kelas. PTK ini penting bagi setiap guru untuk merefleksi kendala yang dihadapi di dalam kegiatan belajar mengajar. Namun, masih terdapat beberapa guru yang beranggapan bahwa PTK sulit dilakukan, mengingat keterbatasan waktu di dalam jam mengajar dan PTK sulit dilakukan karena harus dilalui dengan cara sistematis dan ilmiah. Guru perlu mendapatkan topik yang biasa diteliti dan metodologi yang dipakai harus terkait satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan topic yang dipilih dan keakuratan metodologi dalam setiap bagian. Data penelitian ini adalah topik dan elemen metodologi dari 31 dokumen penelitian tindakan kelas yang dibuat oleh guru Sekolah Menengah Atas di Jakarta. Temuan yang didapat dalam penelitian ini adalah 12 PTK memilih kemampuan berbicara untuk dijadikan topik penelitian, Sembilan PTK memilih kemampuan membaca, tujuh PTK memilih kemampuan menulis, dan satu PTK memilih tata bahasa untuk dijadikan topik. Temuan kedua di dalam penelitian ini adalah keakuratan metodologi yang menunjukan bahwa ada tiga PTK mendapatkan nilai A berdasarkan rubrik penilaian yang dipakai oleh peneliti, 19 PTK mendapatkan nilai B, lima PTK mendapatkan nilai C, dua PTK mendapatkan nilai D, dan dua PTK mendapatkan nilai E.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kecenderungan topik penelitian, dan keakuratan elemen metodologi.
TM00002400 | TM 2400 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain