Text
Factors affecting development of Senior High School English language teachers in conducting classroom action research : a survey study of Senior High Schools in Jakarta
ABSTRAK
Sarbunan, Thobias. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas dalam Melakukan Penenlitian Tindakan Kelas (Studi Pada Beberapa Sekolah Menengah Atas di Jakarta). Tesis. Fakultas Bahasa dan Seni, Program Master Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Jakarta. Pengembangan guru merupakan aspek yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkelanjutan. Dalam hal tersebut, program pengembangan guru mencakup pada aspek kemampuan pedagogic, kemampuan dalam metode penelitian dan manajemen kelas. Karena dalam pengembangan seorang guru, hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan external yang mana mendukung ataupun menghambat. Dalam kaitanya pada pengembangan guru, maka penelitian ini mendeskripsikan faktor internal dan external (mendukung dan menghambat) yang mempengaruhi pengembangan guru bahasa inggris pada sekolah menengah atas (sekolah negeri maupun swasta) di Jakarta dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini mencakup pada; yang pertama mengidentifikasi faktor internal yang (mendukung dan menghambat) dan faktor external yang (mendukung dan menghambat). Metode penelitian yang digunakan adalah survey deskriptif dengan menggunakan instrument penelitian yaitu angket dan interview, serta sampel penelitian mencakup 51 orang guru Bahasa inggris sekolah menengah atas (SMA negeri dan swasta) di Jakarta. Penelitian ini menemukan bahwa faktor yang mendominasi untuk mendukung pengembangan guru seperti motivasi dari kolega, motivasi dari diri sendiri, motivasi dari keluarga, dan motivasi dari pemerintah. Pada faktor external, faktor yang mendukung meliputi kebijakan pemerintah, fasiltas di sekolah, lingkungan kerja di tingkat rayon dan pada tingkat MGMP, tugas guru yang lainnya, menyusun silabus, kurikulum baru yang di gunakan di sekolah, serta ujian semester di sekolah dan pendanaan pelatihan bagi guru oleh pemerintah. Sedangkan, faktor yang menghambat yaitu faktor jaringan internet dan teman sejawat guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan guru Bahasa inggris sekolah menengah atas dalam melakukan penelitian tindakan kelas, dapat dipengaruhi oleh faktor internal maupun external. Kata Kunci: Pengembangan Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Faktor Internal dan External (Memfasilitasi dan Menghambat).
TM00002401 | TM 2401 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain