Text
Pengaruh model pembelajaran two stay two stray dengan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar penerapan rangkaian elektronika
HILLARY POHAN: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGANMODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas XI Teknik Elektronika Komunikasi di SMK Negeri 26 Jakarta menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Make A Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Teknik Elektronika Komunikasi di SMK Negeri 26 Jakarta. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah semua anggota populasi yaitu sebanyak 64 perserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan pengundian. Validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah validitas isi (Content Validity). Pengujian validasi isi menggunakan pendekatan panel juri(para ahli) untuk menguji bahwa butir-butir soal yang digunakan sudah memadai atau belum. Uji realibilitas menggunakan rumus KR-20 dengan r = 0.88 yang menunjukan instrument adalah reliabel. Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors. Hasil yang menunjukan kelas yang menggunkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Make A Match memiliki distribusi normal. Kelas yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray memperoleh nilai normalitas sebesar 0.121 dan Kelas yang menggunakan model pembelajaran Make A Match memperoleh nilai normalitas sebesar 0.148 dengan Ltabel 0.157. Uji homogenitas dilakukan dengan uji Fisher dan kedua kelas akan dinyatakan homogen jika Fhitung < Ftabel Hasil perhitungan pada uji homogenitas diperoleh sebesar 1.27 < 1.84 maka data tersebut berdistribusi homogen. Perhitungan hipotesis statistik menggunakan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel dengan nilai sebesar 5.73 > 2.00 pada taraf signifikasi 0.05 sehingga H0 diterima dan h1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Penerapan Rangkaian Elektronika antara model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan model pembelajaran Make A Match.
Bibliografi : lembar 53-54
SS00013318 | SK 13318 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain