Text
Minat siswa MIA (Matematika Ilmu Alam) dalam pembelajaran sejarah : studi kasus di SMA Negeri 3 Bekasi : studi kasus di SMA negeri 3 Bekasi
ABSTRAK
GHINA BADI’AH. Minat siswa MIA (Matematika Ilmu Alam) dalam
Pembelajaran Sejarah: studi kasus di SMA Negeri 3 Bekasi. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri
Jakarta, 2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat siswa MIA
dalam pembelajaran Sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bekasi
sejak bulan September sampai Desember 2016. Metode penelitian yang digunakan
adalah Kualitatif denganpendekatan studi kasus dengan melakukan pengamatan di
kelas X MIA 2, XI MIA 5 dan XII MIA 1
Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa MIA dapat dilihat
dari lima aspek yaitu minat karena guru, minat karena prestasi, minat berdasarkan
cita-cita, minat karena lingkungan keluarga dan minat karena bidang studi sejarah.
Pertama minat belajar siswa MIA muncul karena guru, setiap siswa
memiliki pengalaman-pengalaman belajar yang berbeda dengan gurunya, siswa
MIA yang memiliki pengalaman belajar yang menarik dengan gurunya cenderung
memiliki tingkatan minat yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak
memiliki pengalaman tersebut.
Kedua minat karena lingkungan keluarga, keluarga merupakan lingkungan
sosial yangsangat dekat dengan siswa, orang tua biasanya memberikan arahanarahan
kepada siswa, ketika arahan tersebut sudah mempengaruhi siswa menyukai
sejarah, maka siswa akan menyukai sejarah.
Ketiga minat belajar siswa MIA muncul karena ingin mencapai sebuah
prestasi, hal ini dapat dilihat dari ketertarikan yang lebih terhadap nilai pelajaran,
siswa akan berusaha untuk mendapatkan nilai yang tinggi dalam mata pelajaran
sejarah walaupun ia hanya sedikit menyukai atau bahkan tidak menyukai sejarah.
ii
Keempat minat belajar siswa MIA karena cita-cita, cita-cita merupakan
faktor yang bersumber dari dalam diri siswa, jika siswa telah memiliki cita-cita
yang ingin dicapai dari belajar sejarah, maka siswa tersebut akan berusaha untuk
mengejar dan memperjuangkannya.
Kelima minat belajar siswa MIA muncul karena materi sejarah, hal ini
dapat dilihat dari materi sejarah yang paling disukai, siswa yang mampu
menceritakan materi sejarah dengan baik maka siswa tersebut memiliki minat
yang tinggi, sedangkan siswa lainnya hanya menjadikan materi sejarah sebagai
sebuah hafalan.
Berdasarkan penjelasan dari aspek-aspek munculnya minat belajar siswa
MIA maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa MIA di SMA Negeri 3
Bekasi adalah berbeda-beda yaitu rendah, sedang dan tinggi. Minat rendah yaitu
siswa yang tidak tertarik akan sejarah, minat sedang yaitu siswa yang awalnya
tidak menyukai mata pelajaran sejarah namun karena adanya rangsangan dari guru
yang menciptakan pembelajaran yang menarik maka siswa tersebut menjadi
tertarik terhadap materi sejarah, dan minat tinggi yaitu siswa yang menyukai mata
pelajaran sejarah dan kesukaannya terhadap mata pelajaran sejarah akan terus
berkembang hingga menjadi sebuah motivasi bagi dirinya. Bibliografi : lembar 75-76
SS00013263 | SK 13263 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain