Text
Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode montessori : PTK pada siswa kesulitan belajar membaca kelas IV di Sekolah Khusus Pelangi Anakku Kota Tangerang
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE MONTESSORI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kesulitan Belajar Membaca Kelas IV di Sekolah Khusus Pelangi Anakku Kota Tangerang)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan Metode Montessori pada siswa kesulitan belajar membaca kelas IV di Sekolah Khusus Pelangi Anakku Tangerang.. Selain itu penelitian ini juga bertujuan memperoleh data yang obyektif dalam rangka mengetahui manfaat penerapan metode Montessori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kesulitan belajar membaca. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kesulitan belajar membaca. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes membaca dengan bentuk daftar cek (check list) dengan jawaban dapat dan tidak dapat. Analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dideskripsikan untuk kemudian disajikan dalam bentuk tabel. Penelitian dilakukan di Sekolah Khusus Pelangi Anakku Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan membaca permulaan siswa mengalami kemajuan yang signifikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode montessori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas IV di Sekolah Khusus Pelangi Anakku Tangerang.
Kata Kunci: membaca permulaan, metode Montessori Bibliografi : lembar 91-92
SS00013279 | SK 13279 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain