Text
Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dasar pengukuran listrik kelas X : studi di SMK Bina Karya Mandiri Bekasi
ABSTRAK
Oktaviani, Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Dasar Pengukuran Listrik Kelas X.Skripsi. Jakarta, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Dosen Pembimbing : Dr. Soeprijanto, M.pd dan Dra. Ermi Media’s, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar pada siswa SMK hasil belajar Dasar Pengukuran Listrik. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan 2 x 2 desain faktorial dan dilakukan di SMK Bina Karya Mandiri, Bekasi yang melibatkan 48 besar sampel yang dibagi menjadi dua yaitu 24 kelas 10.3 dan 24 kelas 10.4.
Temuan penelitian bahwa : (1) Terdapat perbedaan secara keseluruhan hasil belajar dasar pengukuran listrik yang diajar dengan metode reward punishment lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan metode ceramah, (2) Terdapat perbedaan bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi, hasil belajar mereka pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memilki motivasi rendah, (3) Tidak adanya interaksi antara tingkat motivasi belajar dengan metode pembelajaran pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik di SMK.
Dalam kesimpulan, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
dasar pengukuran listrik dapat menggunakan metodeceramah reward punishment
dan siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa
yang memiliki motivasi rendah dalam pembelajaran dasar pengukuran listrik di
SMK.
Kata kunci : Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, Dasar Pengukuran Listrik
Bibliografi : lembar 76
SS00013313 | SK 13313 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain