Text
Peningkatan hasil belajar matematika dominan kognitif melalui penggunaan lembar kerja siswa berbasis pendekatan pembelajaran saintifik : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DOMAIN KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat) 2017
Vanisa Widiana
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika domain kognitif melalui penggunaan lembar kerja siswa berbasis pendekatan pembelajaran saintifik pada siswa kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Jenis metodologi dari penelitian ini adalah model siklus Kemmis dan Taggart dan dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari siklus I adalah hasil belajar matematika domain kognitif baru mencapai 62%, sedangkan pada siklus II hasil belajar matematika domain kognitif meningkat menjadi 93%. Hasil pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus I baru mencapai 82%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil pemantau tindakan aktivitas siswa pada siklus I baru mencapai 87%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dengan demikian pencapaian hasil siklus II mengenai hasil belajar matematika domain kognitif telah mencapai target yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan lembar kerja siswa berbasis pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar matematika domain kognitif.
Kata Kunci: hasil belajar matematika domain kognitif, lembar kerja siswa berbasis pendekatan pembelajaran saintifik
Bibliografi : lembar 116-117
SS00013277 | SK 13277 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain