Text
Designing an AQF-Based ESP syllabus for the Bachelor Degree Students of Management of Logistics and Materials Program at STMT Trisakti Jakarta
ABSTRAK
Imas Wahyu Agustina. 2017. Merancang Silabus Pembelajaran Bahasa Inggris Spesifik Berdasar AQF (Standar Kualifikasi Australia) untuk Mahasiswa Strata Satu Program Studi Manajemen Logistik dan Material di STMT Trisakti Jakarta. Jakarta. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang silabus ESP untuk program studi sarjana manajemen logistik dan material di STMT Trisakti Jakarta berdasar standar kualifikasi Australia (Australian Qualification Framework atau AQF). Penelitian ini penting dilakukan menimbang adanya kebijakan perubahan gelar lulusan menjadi lebih spesifik, yaitu Sarjana Logistik (S.Log), yang meyebabkan adanya perubahan dalam program pembelajaran jurusan logistik, termasuk pada kelas ESP. AQF dipilih karena dijadikan rujukan untuk Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada bidang kerja logistik. Penelitian ini menggunakan Design and Development Research (DDR) dengan empat fase yang diawali dengan analisis kebutuhan melalui ulasan dokumen AQF untuk logistik dan silabus ESP untuk kelas logistik dan melihat perbandingannya, kemudian dilanjutkan dengan membuat, memvalidasi, dan memberbaiki rancangan silabus. Hasil penelitian menunjukan bahwa topik, tujuan pembelajaran, materi, aktifitas, dan penilaian yang terdapat pada silabus ESP tersebut kurang mewakili bidang pekerjaan logistik. Di sisi lain, walaupun dokumen AQF memberikan gambaran mengenai topik, tujuan pembelajaran, materi, aktifitas, dan penilaian yang ada di lapangan, penyesuaian tetap harus dilakukan dalam merancang silabus ESP untuk program studi sarjana manajemen logistik.
KATA KUNCI: Australian Qualification Framework, Rancangan Silabus ESP, Program Sarjana, Logistik, Analisis Kebutuhan.
TM00002399 | TM 2399 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain