Text
Pengaruh model pembelajaran Predict, Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Kelurahan Menteng Atas Jakarta Selatan
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN MENTENG ATAS JAKARTA SELATAN
(2017)
Novi Revida
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Menteng Atas 21 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 43 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik simpel random sampling yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran POE dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik infrensial (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh dengan hasil thitung (7,7874) > ttabel (1,683) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran POE terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Kelurahan Menteng Atas Jakarta Selatan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran POE, Hasil Belajar Siswa
Bibliografi : lembar 92-96
SS00013275 | SK 13275 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain