Text
Meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan melalui metode bercerita pada peserta didik Tunagrahita sedang kelas VII C1 : penelitian tindakan kelas di SLB Negeri 02 Jakarta, Jakarta Selatan
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN MELALUI METODE BERCERITA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VII C1 (Penelitian Tindakan Kelas di SLB N 02 Jakarta, Jakarta Selatan) (2017)
ELVI NESTIA DIRGA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dengan hasil 6-10 melalui metode bercerita pada peserta didik tunagrahita sedang kelas VII C1 di SLB N 02 Jakarta, Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I diperoleh rata-rata 45,5 dan belum memenuhi target yang ingin dicapai peneliti, maka dilanjutkan ke siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata 91. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan penjumlahan dengan hasil 6-10 pada peserta didik tunagrahita sedang kelas VII C1 yang diperoleh dari data hasil analisis pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan perolehan skor pada saat evaluasi. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik untuk menggunakan metode pembelajaran yang kreatif salah satunya adalah penggunaan metode bercerita yang dibantu dengan alat peraga boneka tangan dan media yang konkret seperti permen, jeruk, dan lain-lain.
Kata Kunci: Hasil belajar matematika, penjumlahan, metode bercerita, peserta didik tunagrahita sedang.
Bibliografi : lembar 135-136
SS00013272 | SK 13272 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain