Text
Peningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan whole language di SDN Kamal 01 Pagi : penelitian tindakan kelas pada kelas III SDN Kamal 01 Pagi
ABSTRAK
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DI SDN KAMAL 01 PAGI (Penelitian Tindakan Kelas pada kelas III SDN Kamal 01 Pagi Kamal, Kalideres)
Oleh : Hasana Annas 1215120020
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan whole language di SDN Kamal 01 Pagi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun subyek dalam penelitian ini berjumlah 13 siswa. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa soal post test (pilihan ganda), angket keterlaksanaan rencana pembelajaran oleh guru, dan angket observasi siswa pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan pendekatan whole language kemampuan siswa pada saat observasi kegiatan siswa meningkat, presentase observasi kegiatan siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 50%, dan pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 65%. Pada siklus II pertemuan I presentase observasi kegiatan siswa yaitu 76,67%, dan pada siklus II pertemuan II meningkat kembali menjadi 86,67%. Selain itu, presentase hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dari data awal yang diperoleh, presentase siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 60%, pada siklus I presentase siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 61,53%, dan pada siklus II presentase siswa yang mencapai nilai KKM mengalami peningkatan menjadi 84,61%. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan whole language maka kemampuan berbahasa siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kamal 01 Pagi mengalami peningkatan.
Kata kunci : pendekatan whole language, mata pelajaran Bahasa Indonesia, hasil belajar. Bibliografi : lembar 183-185
SS00013270 | SK 13270 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain