Text
Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan model kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital kelas X multimedia di SMK Malaka Jakarta
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X MM DI SMK MALAKA JAKARTA TIMUR
SERVIA YUNI SARI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital kelas X MM di SMK Malaka Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 sampai dengan November 2016. Model pembelajaran Think Pair Share diterapkan di kelas eksperimen yaitu kelas X MM 1 dan model pembelajaran Make A Match di terapkan di kelas kontrol yaitu kelas X MM 2. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Malaka Jakarta Timur tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuantitatif, yaitu dengan memperlakukan dua kelas dengan perlakuan atau tindakan yang berbeda. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Untuk mendapatkan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara menguji siswa dengan memberikan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran Simulasi Digital Kelas X MM di SMK Malaka Jakarta Timur yang dibuktikan dengan hasil analisis data (uji-t) yaitu diperoleh nilai thitung = 4,336 dan ttabel = 2,001. Karena thitung > ttabel yaitu 4,336 > 2,001, maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak. Hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share mendapatkan nilai rata-rata sebesar 86,900 sedangkan siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81,067. Hal ini membuktikan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share memilki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Model Make A Match, Hasil Belajar.
Bibliografi : lembar 57-59
SS00013283 | SS00013283 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain