Text
Pengembangan situs media pembelajaran Bahasa Jepang dengan memanfaatkan audio pada materi dasar Bahasa Jepang di SMAN 1 Jakarta
ABSTRAK
Nurhudayati Mardiah, Pengembangan Situs Media Pembelajaran Bahasa Jepang dengan Memanfaatkan Audio pada Materi Dasar Bahasa Jepang di SMAN 1 Jakarta. Skripsi. Jakarta, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Dosen Pembimbing : Hamidillah Ajie, S.Si., MT dan Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan situs media pembelajaran Bahasa Jepang dengan pemanfaatan audio pada materi dasar Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Jakarta dengan mengetahui presentase kelayakan situs media pembelajaran sehingga situs media pembelajaran ini dapat digunakan secara maksimal dalam memudahkan peserta didik mempelajari Bahasa Jepang dasar. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan konsep model Sugiyono dikombinasikan dengan model Borg & Gall. Secara garis besar digambarkan dalam lima langkah, yaitu ; 1) penelitian pendahuluan; 2) perencanaan pengembangan; 3) produksi / pengembangan produk; 4) evaluasi produk; dan 5) produk akhir. Situs ini bersifat responsive sehingga dapat diakses pada laptop maupun smartphone. Berdasarkan kebutuhan yang diperlukan maka situs media pembelajaran ini terdiri dari 7 elemen yaitu Elemen Judul, Elemen Informasi, Elemen Daftar Materi, Elemen Percakapan, Elemen Kosakata, Elemen Hiragana, Elemen Latihan Soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Situs Media Pembelajaran Bahasa Jepang dengan Memanfaatkan Audio pada Materi Dasar Bahasa Jepang di SMAN 1 Jakarta menurut evaluasi ahli materi dengan menggunakan penilaian Content validity Ratio (CVR) adalah bernilai 1 pada setiap item yang artinya layak. Sedangkan menurut ahli media adalah bernilai 1 pada setiap item kecuali untuk jenis font dan ukuran font bernilai 0,33. Dan presentase hasil akhir berdasarkan uji coba kelompok besar adalah tampilan situs media pembelajaran sebesar 87,67%, materi yang disampaikan sebesar 88,67%, kualitas suara 84,44% dan penggunaan media sebesar 91,33%, maka presentase total sebesar 87,86%. Sehingga situs media pembelajaran ini sudah sangat sesuai dengan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) mata pelajaran Bahasa Jepang dasar di SMAN 1 Jakarta.
Kata Kunci : Audio, Bahasa Jepang Dasar, Laptop, Responsive, Sekolah Menengah Atas, Situs Media Pembelajaran, Smartphone.
Bibliografi : lembar 96-97
SS00013284 | SK 13284 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain