Text
Optimalisasi kapasitas dan tingkat pelayanan di koridor Jalan Raya Bogor segmen pasar
ABSTRAK
Reinaldy T. Y. Darius. Optimalisasi Kapasitas dan Tingkat Pelayanan di Jalan Raya Bogor Segmen Pasar Cisalak. Skripsi, Jakata: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2017.
Penelitian ini adalah analisis dari kapasitas dan tingkat pelayanan di Jalan Raya Bogor segmen Pasar Cisalak dalam kondisi eksisting dengan tujuan untuk mengoptimalisasikannya berdasarkan aturan yang ditetapkan dalam Manual Kapasitas Jalan Raya (MKJI) tahun 1997. Optimalisasi dilakukan dengan mengganti hambatan samping ketika kegiatan pasar ditertibkan agar tak mengganggu aktivitas lalu lintas di jalan yang bersinggungan.
Penjaringan data dilakukan dengan menentukan tiga hari dari sepekan dengan arus terbesar dalam uji pendahuluan, yaitu hari Sabtu, Minggu dan Senin. Data primer berupa volume lalu lintas dan kecepatan kendaraan dengan pencatatan di setiap 15 menit, sedangkan data sekunder adalah data geometrik dan jumlah penduduk di kabupaten Bogor dan kota Depok yang masing-masing didapatkan dari Dinas Perhubungan dan Badan Pusat Statistik.
Hasil dalam analisis memperlihatkan bahwa kapasitas Jalan Raya Bogor yang bersinggungan dengan Pasar Cisalak bisa dioptimalkan jika tak dipengaruhi oleh aktivitas pasar dari semula 3307,73 smp/jam pada ruas arah ke Jakarta menjadi 3596,36 smp/jam. Arah ke Bogor juga alami kenaikan dari 2696,52 smp/jam menjadi 3329,04 smp/jam.Derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan ruas jalan ke arah Jakarta bisa tingkatkan dari semula sebesar 0,47 (C) menjadi 0,43 (B) di hari Minggu pagi jika tak dipengaruhi oleh aktivitas pasar, juga di hari Senin pagi yang semula tertahan di LoS E dengan Ds 0,85 menjadi 0,79 atau berada di LoS D dan di hari Senin sore dengan LoS D (0,76) menjadi C (0,69). Sedangkan pada arah ke Bogor bisa ditingkatkan pada hari Sabtu sore dari LoS C (0,61) menjadi B di angka derajat kejenuhan 0,49, lalu secara berurutan pada hari Minggu pagi dan sore serta Senin pagi bisa ditingkatkan dari LoS C ke B, kemudian di hari Senin sore menjadi LoS C dengan nilai 0,62 dari Los D dengan nilai 0,76.
Kata kunci: Jalan Raya Bogor, Pasar Cisalak, Kapasitas, Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan, Kapasitas Jalan.
Bibliografi : lembar 49
SS000013286 | SK 13286 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain