Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan self-confidence terhadap keterampilan proses sains di kelas V Sekolah Dasar 13 Kota Serang
Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan self-confidence terhadap keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Serang. Desain penelitian menggunakan analisis varian 2 jalur (ANOVA). Hasil penelitian ini adalah (1) adanya perbedaan keterampilan proses sains siswa Sekolah Dasar yang belajar menggunakan metode Discovery antara siswa yang belajar menggunakan metode Inquiry. (2) Adanya interaksi antara metode pembelajaran dan self-confidence siswa terhadap keterampilan proses sains Siswa Sekolah Dasar. (3) Keterampian proses sains siswa Sekolah Dasar antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode Discovery yang memiliki self-confidence tinggi lebih tinggi hasilnya dari pada siswa yang belajar dengan menggunakan metode Inquiry yang memiliki self-confidence tinggi. (4) Keterampilan proses sains siswa Sekolah Dasar antara siswa yang belajar menggunakan metode Discovery yang memiliki self-confidence rendah lebih rendah hasilnya dari pada siswa yang belajar menggunakan metode Inquiry yang memiliki self-confidence rendah.
This research discusses the influence of teaching methods and ability of selfconfidence of the science process skills. This research was conducted at the State Elementary School fifth grade of City of Serang. The study design using analysis of variance 2 lanes (ANOVA). The results of this study were (1) the difference in science process skills of elementary school students who learn using Discovery methods between students who learn using Inquiry methods (2) The interaction between the learning methods and self-confidence of students to the science process skills Elementary School Students. (3) The science process skills between student elementary school students who learn by using Discovery methods which has self-confidence high is higher result than the students who learned by using Inquiry methods who has self-confidence high (4) The science process skills of elementary school students between students who learn to use Discovery methods that have self-confidence low is lower result than the students learn to use the Inquiry methods that has self-confidence low
TM00002411 | TM 2411 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain