Text
Upaya meningkatkan higher order thinking skill materi sumber daya alam IPA melalui pendekatan reciprocal teaching pada siswa kelas IV SDN Kapuk 11 Jakarta Barat
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill kelas IV SDN Kapuk 11 Jakarta Barat, melalui pendekatan Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yakni observasi untuk data proses dengan menggunakan lembar observasi. Tes Higher Order Thinking Skill IPA, tes awal yang dijadikan sebagai pijakan untuk menyusun rencana tindakan untuk mengimplementasikan melalui sintaks pembelajaran Reciprocal Teaching dalam siklus, guna meningkatkan Higher Order Thinking Skill dalam materi sumber daya alam IPA. Setiap akhir siklus dievaluasi dampak dari tindakan yang telah diimplementasikan. Data yang dianalisis adalah data kualitatif, yang diperkuat dengan penilaian tes Higher Order Thinking Skill, guna membuktikan sejauh mana dampak dari tindakan yang melalui proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hal ini dibuktikan dengan presentase nilai Higher Order Thinking Skill IPA pada siklus I yaitu 32,35% yang tuntas, meningkat pada siklus II mencapai 94,12% yang tuntas dan aktivitas pendidik dan aktivitas siswa sesuai sintaks pembelajaran ini mencapai 100% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Higher Order Thinking Skill IPA kelas IV SDN Kapuk 11 Jakarta Barat meningkat dengan penerapan pendekatan Reciprocal Teaching.
This study aims to improve Higher Order Thinking Skill in class IV SDN Kapuk 11 West Jakarta, through Reciprocal Teaching approach. This research is an action using a model Kemmis dan Mc. Taggart, action research was conducted in two cycles. The research subjects learners Elementary School fourth grade. The data collection is done in several ways that observation to process data using observation sheets. Higher Order Thinking Skill test consisting of preliminary test that serve as a foothold to develop an action plan to implement the syntax Reciprocal Teaching in cycles, in order to improve Higher Order Thinking Skill about natural resources science. Each end of the cycle is evaluated the impact of actions that have been implementation. The analyzed data is qualitative data, which is reinforced by the result of assessment test to Higher Order Thinking Skill, in order to prove the extent of the impact of the action implemented on Higher Order Thinking Skill natural science, Higher Order Thinking Skill is observed trough a learning process and a test given at the end of each cycle. This is evidenced by presentase, the first cycle is completed, namely 32,35% increase in cycle II reached 94,12%. Activities educators and learners in accordance learning the syntax of this reached 100% in the second cycle. The results of this study indicate that the Higher Order Thinking Skill of learners natural science class IV SDN Kapuk 11 west Jakarta increase with the application of Reciprocal Teaching approach.
TM00002409 | TM 2409 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain