Text
Hubungan efikasi diri dan orientasi tujuan dengan perilaku menyontek siswa kelas XI Akuntansi di SMK Tirta Sari Surya tahun ajaran 2016-2017
ABSTRAK
KARIYMA FITHRI DAROJAH. Hubungan Efikasi Diri dan Orientasi Tujuan dengan Perilaku Menyontek Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Tirta Sari Surya Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan orientasi tujuan dengan perilaku menyontek siswa kelas XI Akuntansi di SMK Tirta Sari Surya berdasarkan data yang valid dan dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMK Tirta Sari Surya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari dua kelas berjumlah 89 siswa dan dengan teknik Simple Random Sampling didapatkan sampel sebanyak 72 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berbentuk skala likert untuk variabel efikasi diri (X1), orientasi tujuan (X2), dan perilaku menyontek (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan orientasi tujuan dengan perilaku menyontek siswa kelas XI Akuntansi di SMK Tirta Sari Surya sebesar 0,773; b) Ada hubungan yang negatif dan signifikan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek siswa kelas XI Akuntansi di SMK Tirta Sari Surya sebesar -0,534; c) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara orientasi tujuan dengan perilaku menyontek siswa kelas XI Akuntansi di SMK Tirta Sari Surya sebesar 0,730. Serta diperoleh hasil bahwa efikasi diri dan orientasi tujuan mampu menentukan perilaku menyontek siswa sebesar 59,7%.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Orientasi Tujuan, Perilaku Menyontek. Bib liografi : lembar 130-135
SS00013435 | SK 13435 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain