Text
Pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 1 Karawang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Karawang. Penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar sejarah adalah tes pilihan ganda dan untuk kecerdasan intelektual didapatkan dari hasil tes IQ siswa yang diselenggarakan di sekolah SMA Negeri 1 Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar sejarah siswa yang mengikuti model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan intelektual, (3) Hasil belajar sejarah siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT dengan kecerdasan intelektual tinggi, lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan kecerdasan intelektual tinggi, (4) Hasil belajar sejarah siswa yang megikuti model pembelajaran NHT dengan kecerdasan intelektual rendah lebih rendah, dari pada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan kecerdasan intelektual rendah. Kata Kunci : hasil belajar sejarah, model pembelajaran, kecerdasan intelektual
This research is purpose to find the influence of instructional model and intelligence quotient to history learning outcomes in senior high school 1 karawang. This research is quantitative type with use experiment design methode treatment by level 2x2. The instrument which used to result of history learning is multiple choices test. Besides, intelligence quotient gets by result of students' IQ test. This test is organized by an institute for IQ test. The results showed that: (1) result of history learning for students who follows learning model Numbered Heads Together ( NHT) is higer than students who follows conventional learning model. (2) there are interactions between learning model and intelligence quotient (3) students who follows history learning by use NHT learning model by high intelligence quotient is higer than students who follows conventional learning model by high intelligence quotient (4) students' result of history learning who follows NHT learning model bu low intelligence quotient is lower that students' who follows conventional learning method by low intellectual. Keywords: learning outcomes history, instructional model,intelligence quotient
TM00002421 | TM 2421 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain