Text
Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Web bagi siswa Sekolah Dasar kelas IV Sekolah Alam Bintaro
This research aims to develop a web-based learning media on the eyes of learning grade IV Elementary School. This research was conducted at Sekolah Alam Bintaro South Jakarta. The research methodology used refers to J. Moonen's development model, which contains 5 development steps. Name of the product of development of web-based math learning program with URL http://mt.bangsawancyberindo.co.id/dss/. Online-based learning using programming language php database mysql html and java script. Evaluation of product development of learning mathematics class IV Elementary School is done by experts that is material of learning mathematics of elementary school, design expert and media learning expert. Then implemented to the target users of the product, especially class IV Sekolah Alam Bintaro. Evaluation takes place until the formative evaluation phase. Formative evaluation results stated that web-based math learning at Sekolah Alam Bintaro was categorized well. Keywords: web-based, product learning, formative test, and prototype
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada mata pembelajaran Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Alam Bintaro Jakarta Selatan. Metodologi penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan J. Moonen, yang berisikan 5 langkah pengembangan. Nama produk hasil pengembangan Program pembelajaran matematika berbasis web dengan URL http://mt.bangsawancyberindo.co.id/dss/. Pembelajaran berbasis online menggunakan bahasa pemprograman php database mysql html and java script. Evaluasi terhadap produk pengembangan pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar ini dilakukan oleh para ahli yaitu ahli materi pembelajaran matematika sekolah dasar, ahli desain dan ahli media pembelajaran. kemudian diimplementasikan kepada sasaran pengguna produk khususnya kelas IV Sekolah Alam Bintaro. Evaluasi dilaksanakan hingga tahap evaluasi formatif. Hasil evaluasi formatif menyatakan bahwa pembelajaran matematika berbasis web di Sekolah Alam Bintaro masuk dalam kategori baik.
Kata Kunci: berbasis web, produk pengembangan, tes formatif, dan prototipe
TM00002427 | TM 2427 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain