Text
Peningkatan kecerdasan logika matematika melalui metode bernyanyi : penelitian tindakan di Kelompok B PAUD Ceria Indah, Jakarta Timur, 2017
The purpose of this study is to describe the process and learning outcomes through the method of singing that can improve the intelligence of mathematical logic of children group B PAUD Ceria Indah, East Jakarta, School Year 2016/2017. Research subjects of this action amounted to 13 children. The method of this research is action research which refers to research model of Kemmis Mc Taggart action which consists of planning, action, and observation, and reflection. This study consists of 2 cycles, each cycle consisting of 8 meetings. Data analysis technique used in this research is quantitative and qualitative data analysis techniques. Quantitative data analysis with descriptive statistic is comparing the results obtained from the pre cycle, the first cycle, until the second cycle. Analysis of qualitative data by analyzing data from field record, interview record, and documentation record with data reduction step, display data, and conclusion. The result of this research shows that the improvement of the intelligence of mathematical logic through the singing method can be proved by the average acquisition of TCP (Rate of Development Achievement) in one class at the pre cycle of 29.92 experienced an increase in cycle I of 36.76, and in cycle II became 47.46. Keywords: intelligence of mathematical logic, method of singing
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui metode bernyanyi yang dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok B PAUD Ceria Indah, Jakarta Timur, Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian tindakan ini berjumlah 13 anak. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian tindakan Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari tahapa perencanaan, tindakan, serta observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana masingmasing siklus terdiri dari 8 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistic deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra siklus, siklus pertama, hingga siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi dengan tahapan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan logika matematika melalui metode bernyanyi dapat dibuktikan dengan perolehan rata-rata TCP (Tingkat Capaian Perkembangan) dalam satu kelas pada pra siklus sebesar 29,92 mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 36,76, dan pada siklus II menjadi 47,46. Kata kunci: kecerdasan logika matematika, metode bernyanyi
TM00000050 | TM 50 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain