Text
Hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan terhitung bulan April sampai bulan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 1 Jakarta dan peneliti mengambil sampel yang digunakan sebanyak 119 siswa kelas X dengan menggunakan teknik acak proporsional secara sederhana.
Instrument yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (lingkungan keluarga), dan variabel Y (motivasi belajar) diukur menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ= 40,64+0,609X. Hasil uji normalitas lilifors menghasilkan Lhitung = 0,0793 sedangkan Ltabel = 0,0812. Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung sebesar 39,29 dan Ftabel sebesar 3,92. Fhitung (39,29) > Ftabel (3,92) yang berarti persamaan regresi terssebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Ftabel 1,54 sedangkan Fhitung 0,69. Fhitung (0,69) < Ftabel (1,54) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan r hitung = 0,500. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (6,25) > ttabel (1,658). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Jakarta. Dengan uji koefisien determinasi diperoleh hasil 25,04% maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar. Kata kunci : Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar
This research have been done for two month since April 2017 until May 2017. The method of research is survey method with correlation approach, while the data is got from instrument to student of SMA Muhammadiyah 1 Jakarta. The Populations research consist all students of SMA Muhammadiyah 1 Jakarta,199 students of class X for sampling with proportional random sampling methods.
Instrument using data from X variable about family environtment and Y variable about learning motivation by questionnaire using likert scale. The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ= 40,64+0,609X, while analysis rules test that is test normalitas regression estimation error Y on X with test liliefors got Lhitung = 0,0793 < Ltabel = 0,0812, matters this means sample comes from population normal distribution. Significancy test and regression linearity by using analysis table varians (anava) got regression similarity Fhitung (39,29) > Ftabel (3,92) that declare regression very mean with regression linierity test that produce Fhitung (0,69) < Ftabel (1,54) that show that regression model that used linier correlation coefficient hypothesis test is done with formula product moment produce rxy as big as 0,500. Significancy test with thitung as big as (6,25) and ttabel (1,658). Because thitung > ttabel, from watchfulness result so researcher can conclude that found connection significant between family environtment with learning motivation on student of SMA Muhammadiyah 1 Jakarta. Determination coefficient test produces KD asa big as 15,04%. So can be taken conclusion found which are positive connection and significant between family environtment with learning motivation. Keywords : Family Environtment and Learning Motivation
SS00013458 | SK 13458 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain