Text
Pengembangan instrumen sikap spritual pada siswa sekolah dasar
PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP SPIRITUAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR
MUHAMMAD ICHSAN MUCHTAR
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen sikap spiritual pada siswa Sekolah Dasar (SD). Instrumen awal divalidasi secara teoritik oleh dua orang pakar dan 20 orang panelis dengan validasi panel menggunakan validitas Aiken menghasilkan nilai di atas nilai kritis untuk ketepatan butir dan penggunaan bahasa. Validasi empirik dilakukan kepada 300 orang siswa SD dalam dua tahap, masing-masing 150 orang responden product moment Pearson untuk analisis daya butir, dan metode SEM dengan second order confirmatory factor analyisis untuk analisis faktor dan kecocokan model. Hasil validasi empirik ada 3 dimensi, 12 indikator, dan 44 butir pernyataan dengan koefsien korelasi rxy ≥ 0.159 dengan , loading factor ≥ 0.30, thitung ≥ 1.96 (t-tabel), dan model memenuhi hampir keseluruhan kriteria nilai cut off Goodness of Fit Index yang dipersyaratkan untuk model fit, sehingga dikatakan model fit. Construct Reliability (CR) dan Variance Extracted (VE) memiliki nilai di atas nilai cut-off, yaitu CR = 0.846 > 0.7 dan VE = 0.599 > 0.5. Dengan demikian, instrumen Sikap Spiritual pada siswa SD sudah valid dan reliabel.
Kata Kunci – sikap spiritual, validitas Aiken, product moment Pearson, SEM, dan Second Order Confirmatory Factor Analysis.
TM00000024 | TM 24 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain