Text
Hubungan antara kelompok referensi dan kulaitas produk dengan keputusan pembelian iphone pada mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
ANNISA UL HASANAH AZMI. Hubungan Antara Kelompok Referensi dan Kualitas Produk dengan Keputusan Pembelian iPhone Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta, selama empat bulan terhitung sejak Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kelompok referensi dengan keputusan pembelian dan hubungan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian iPhone Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta yang pernah membeli iPhone. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 70 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 31.97 + 0,65X 1 dan Ŷ = 33.38 + 0,65X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,1040 untuk Y atas X1 dan Lhitung = 0,1020 untuk Y atas X2, sedangkan Ltabel untuk n = 70 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1058. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X1 dan Y atas X2 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu, 1,45 < 1,76 untuk X1 dan 1,04 Ftabel yaitu, 80,35 > 3,98 untuk X1 dan 89,07 < 3,98 untuk X2, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,736 untuk X1 dan rxy = 0,753 untuk X2, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung =8,964 untuk X1 dan thitung = 9,438 untuk X2 dan ttabel = 1,67 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,736 untuk X1 dan rxy = 0,753 untuk X2 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 54,16% yang menunjukan bahwa 54,16% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh kelompok referensi dan 56,71% yang menunjukan bahwa 56,71% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh kualitas produk. Bibliografi : lembar 88-92
SS00013419 | SK 13419 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain