Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 11 Kota Tidore Kepulauan
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 11KOTA TIDORE KEPULAUAN (2017)
ABDULLAH SALAMA
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 11Kota Tidore Kepulauan Pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Intrument yang digunakan adalah untuk kecerdasan intrapersonal dan instrument yang digunakan untuk hasil belajar adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar sejarah peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran problem posing lebih tinggi daripeserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional. 2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kecerdasan intrapersonal. 3) hasil belajar sejarah peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran problem posing dengan kecerdasan intrapersonal tinggi lebih tinggi dari peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional dengan kecerdasan intrapersonal tinggi. 4) hasil belajar sejarah peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran problem posing dengan kecerdasan intrapersonalrendah hasilnya lebih rendah dari peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional dengan kecerdasan intrapersonal rendah. Kata Kunci: Hasil belajar sejarah, metode pembelajaran, kecerdasan intrapersonal
TM00000015 | TM 15 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain