Text
Teaching and learning process of English speaking skills at SMKN 27 Jakarta Pusat Majoring in Tourism : a case study
Abstrak
Mia Utami Putri. 2017. Teaching and Learning Process of English Speaking Skills at SMKN 27 Jakarta Pusat Majoring in Tourism – A Case Study. Jakarta. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Kebutuhan siswa di sekolah mengengah kejuruan pariwisata dalam menguasai bahasa Inggris adalah kemampuan berbicara. Sayangnya, berdasarkan penelitian awal 60% dari sisma SMKN 27 Jakarta pusat tidak dapat berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar. Sebagai salah satu SMK kepariwisataan terbaik di Jakarta, seharusnya murid di sekolah tersebut menguasai kemampuan berbicara bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rancangan, rencana guru, metode mengajar, materi, peran guru dan peran siswa, teknik penilaian pada proses belajar mengajar pada kemampuan berbicara berbahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan observasi dan wawancara sebagai teknik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa silabus yang digunakan SMKN 27 Jakarta adalah silabus berbasis fungsi yang memang sangat cocok digunakan untuk sekolah menengah kejuruan pariwisata. Metode yang digunakan guru-guru adalah metode langsung dan metode audiolingual. Materi yang digunakan oleh guru pada proses belajar mengajar adalah video dan buku pelajaran bahasa Inggris pada hampir semua pertemuan yang diobservasi. Peran di kelas adalah sebagai pembisik dan pemberi balikan. Guru-guru membantu siswa ketika mereka sulit mengekspresikan diri mereka menggunakan target bahasa dan memberikan siswa balikan secara langsung. Teknik penilaian yang digunakan adalah teknik summative dan formative. Guru-guru menggunakan Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester sebagai teknik penilaian. Keywords: studi kasus, pengajaran dan pembelajaran, desain, rencana pembelajaran, metode, materi, peran guru, peran siswa, teknik penilaian.
TM00000035 | TM 35 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain