Text
Teacher's and students' efforts in fostering learner autonomy to improve English : a case study in English class in a private Senior High School in Jakarta
Abstrak
Marcus D, 2017. Teachers’ and students’ efforts in fostering learner autonomy to improve English (A study in English class in a private Senior High School in Jakarta), Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
Belajar mandiri dalam mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa asing telah menjadi kebutuhan utama untuk siswa sekolah menengah atas (SMA), karena belajar mandiri telah menjadi isu yang sangat menarik dan penting dalam pengajaran bahasa Inggris. Sebaliknya Siswa sekolah menengah atas pada konteks Indonesia masih cenderung menjadi pelajar yang reaktif yang mengelola belajanya setelah desdiakan arahan dan perintah. Berangkat dari isu ini maka penilitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali sejauh mana usaha siswa dan guru dalam mengimplementasikan kegiatan belajar mandiri di dalam kelas. Ini adalah penilitian studi kasus, dimana data yang diperolah dalam penilitian ini melalui wawancara dan pengamatan kelas. Pertisipan berjumlah 8 orang siswa yang berprestasi baik ditentukan dengan sampling purposive. Data dianalisa dengan Nvivo 11 plus, software analisis data kualitatif yang digunakan untuk analisis tema. Penilitian ini menemukan bahwa mayoritas partisipan (guru dan siswa) memiliki respon positif terkait dengan implementasi belajar mandiri di dalam kelas. Terkait dengan usaha-usaha konkrit mereka di dalam kelas, penilitian ini menemukan bahwa para siswa telah berusaha melaksanakan kegiatan belajar mandiri seperti mengkaji ulang pelajaran sebelumnya, focus pada pelajaran, bertanya kepada guru, membuat catatan, dan memecahkan masalah. Sedangkan usaha guru yang menonjol mencakup kegiatan menjelaskan tujuan pembelajaran, menentukan sumber pembelajaran, dan menyediakan tugas-tugas. Meskipun dalam tataran implementasi di dalam kelas masih perlu pemahaman yang komprehensif terkait dengan konsep dan praktek di kelas.
Keyword: Learner autonomy, teacher’s efforts, students’ efforts.
TM00000034 | TM 34 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain