Text
Kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran seni tari di TK Islam Al Husna Kota Bekasi
ABSTRAK
Rina Novitasari. 2017. Kecerdasan Kinestetik Dalam Pembelajaran Seni Tari di TK Islam Al Husna Kota Bekasi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan kinestetik anak dalam pembelajaran tari Angsa di TK Islam Al Husna Kota Bekasi. Latar belakang penelitian ini berisi mengenai anak kelompok TK B Muzdalifah di TK Islam Al Husna Kota Bekasi. Pada dasarnya pembelajaran yang ada di TK membantu anak dalam proses perkembangan, salah satunya adalah motorik. Untuk membantu motorik anak berkembang dengan baik, maka dilakukan pembelajaran seni tari. Pada dasarnya seni tari untuk anak usia dini selain membantu motorik dapat mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh anak, salah satunya yaitu kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran tari Angsa. Penelitian ini telah dilaksanakan di TK Islam Al Husna Kota Bekasi dimulai dari bulan September sampai Desember 2016 dengan subjek penelitian guru tari dan 8 anak kelompok B Muzdalifah dalam pembelajaran Tari Angsa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dalam proses mencari informasi mengenai pembelajaran dan kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran tari Angsa adalah observasi non partisipan, wawancara, studi dokumen dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koordinasi, kelenturan, ketrampilan, ketangkasan dan kecepatan dalam menarikan tari Angsa siswa TK B Muzdalifah, cukup baik.
Kata Kunci : Kecerdasan Kinestetik, Pembelajaran Seni Tari, Taman Kanakkanak
Bibliografi : lembar 88-89
SS00013290 | SK 13290 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain