Text
Hubungan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematika dengan hasil belajar matematika : penelitian korelasi pada siswa kelas V SDN Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara
:Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat hubungan antara Kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematika dengan hasil belajar matematika di sekolah SDN Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode survey, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mengungkap hubungan antara Kemampuan berpikir kritis, Disposisi Matematika dengan Hasil belajar matematika dan total sampel sebesar 186 siswa. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas V SDN Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Analisis hasilnya: 1). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika. 2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara disposisi matematika dengan hasil belajar matematika. 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematika secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika perlu dipertimbangkan faktor kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematika. Kata kunci: kemampuan berpikir Kritis, disposisi matematika, hasil belajar
The objective of this research was to examine the relationship between critical thinking’s ability and mathematical disposition with mathematics learning outcome of State Elementary School’s students in Penjaringan North Jakarta. The method used in this research is survey method, which is used to examine the relationship between critical thinking’s ability and mathematical disposition with mathematics learning outcome, with total sample 186 students. The population in this research is fifth grade students of State Elementary School in Penjaringan North Jakarta, and using simple random sampling technique to decide the sample, the instrument used in this research are test and non test. The result analysis indicated that 1) There is a significant positive relationship between critical thinking’s ability with mathematics learning outcomes. 2) There is a significant positive relationship between Mathematics Disposition and Mathematics learning outcome. 3) There is a significant positive relationship between critical thinking’s ability and mathematical disposition together with mathematics learning outcome. Critical thinking’s ability and Mathematical Disposition are two factors that must be considered to improve mathematics learning outcome. Keywords: critical thinking’s ability, mathematical disposition, learning outcome
TM00000055 | TM 55 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain