Text
Pengaruh model pembelajaran think pair share dan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis di Sekolah Dasar : studi eksperimen pada SD Cipinang Besar Selatan 16 Pagi tahun 2017
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR
(STUDI EKSPERIMEN PADA SD CIPINANG BESAR SELATAN 16 PAGI TAHUN 2017)
SITI FAIZAH KHOIRUNNISA aisfaizah@ymail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share dan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen factorial 2x2 dengan treatment by level. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa kelas 4 SDN Cipinang Besar Selatan 16 Pagi. Teknik pengumpulan sampel dengan teknik stratified multistage cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan model pembelajaran think pair share memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada model pembelajaran ekspositori, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis, 3) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi yang diberikan model pembelajaran think pair share memiliki pengaruh yang lebih tinggi skor siswa dari kemampuan komunikasi matematis yang diberikan model pembelajaran ekpositori, 4) Kemampuan komunikasi matematis yang memiliki disposisi matematis rendah yang diberikan model pembelajaran ekspositori memiliki pengaruh yang lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan model pembelajaran think pair share.
Kata Kunci : Think Pair Share, Disposisi Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis
TM00000057 | TM 57 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.05) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain