Text
Hubungan antara kualitas pelayanan dan kepercayaan dengan kepuasan nasabah BRI unit Mangunjaya pada warga RW.011 Perumahan Mangunjaya Indah 1 Kecamatan Tambun Selatan di Bekasi
ABSTRAK
DENA MAULIA CASTIN. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan dengan Kepuasan Nasabah BRI Unit Mangunjaya Pada Warga RW 011 Perumahan Mangunjaya Indah 1 Kecamatan Tambun Selatan Di Bekasi. Skripsi, Jakarta, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di RW 011 Perumahan Mangunjaya Indah 1, Kecamatan Tambun Selatan di Bekasi, selama empat bulan terhitung sejak Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah dan hubungan antara kepercayaan dengan kepuasan nasabah BRI Unit Mangunjaya Pada Warga RW 011 Perumahan Mangunjaya Indah 1 Kecamatan Tambun Selatan di Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga RW 011 Perumahan Mangunjaya Indah 1 Kecamatan Tambun Selatan di Bekasi yang menjadi nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Mangunjaya. Populasi terjangkaunya adalah warga RT 006 sampai dengan 009 RW 011 Perumahan Mangunjaya Indah 1 Kecamatan Tambun Selatan di Bekasi sebanyak 95 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 75 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 42,85 + 0,59X1 dan Ŷ = 41,55 + 0,63X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0993 untuk Y atas X1 dan Lhitung = 0,0686 untuk Y atas X2, sedangkan Ltabel untuk n= 75 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1023. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X1 dan Y atas X2 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu, 1,60 < 1,71 untuk X1 dan 1,07 < 1,74 untuk X2 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 70,10 > 3,98 untuk X1 dan 66,17 > 3,98 untuk X2, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,700 untuk X1 dan rxy = 0,690 untuk X2, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 8,373 untuk X1 dan thitung = 8,134 untuk X2dan ttabel = 1,66. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,700 untuk X1 dan rxy = 0,690 untuk X2 adalah positif dan signifikan. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi, menunjukkan variabel kepuasan nasabah ditentukan oleh kualitas pelayanan sebesar 48,99% dan variabel kepuasan nasabah ditentukan oleh kepercayaan sebesar 47,55%.
Kata Kunci: Kepuasan Nasabah, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan. Bibliografi : lembar 91-93
SS00013462 | SK 13462 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain