Text
Hubungan antara suasana toko dan promosi penjualan dengan pembelian implusif Foodmart Express Pasar Baru pada warga RW.06 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sawah Besar di Jakarta
ABSTRAK
UMMU FITRIANI, Hubungan Antara Suasana Toko dan Promosi Penjualan dengan Pembelian Impulsif Foodmart Express Pasar Baru Pada Warga RW 06 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sawah Besar di Jakarta. Skripsi, Jakarta, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di RW 06, Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sawah Besar di Jakarta, selama Empat bulan terhitung sejak Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Suasana Toko dengan pembelian impulsif dan Promosi Penjualan dengan Pembelian Impulsif Foodmart Express Pasar Baru Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sawah Besar di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga RW 06 yang melakukan pembelian impulsif di Foodmart Express Pasar Baru Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sawah Besar di Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 70 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 23.93 + 0,72X1 dan Ŷ = 25.00 + 0,70X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0.0792 untuk Y atas X1 dan Lhitung = 0.1013 untuk Y atas X2, sedangkan Ltabel untuk n = 70 pada taraf signifikan 0,05 adalah = 0,1058, karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X1 dan Y atas X2 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1.51 < 1.72 untuk X1 dan 1.66 < 1.78 untuk X2, dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 84.67 > 3.98 untuk X1 dan 91.57 > 3.98 untuk X2, dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0.745 untuk X1 dan rxy = 0.758 untuk X2, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi untuk X1 dan X2 adalah positif dan signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 9.202 untuk X1, sedangkan thitung = 9.569 untuk X2 dengan ttabel = 1.67. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 55.46%, menunjukan bahwa variabel pembelian impulsif ditentukan oleh suasana toko dan 57.39%, menunjukan bahwa variabel pembelian impulsif ditentukan oleh promosi penjualan.
Kata kunci : Suasana Toko, Promosi Penjualan, Pembelian Impulsif. Bibliografi : lembar 94-96
SS00013417 | SK 13417 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain