Text
Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI mata pelajaran Pengantar Akuntansi di SMK Negeri 15 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Di SMK Negeri 15 Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 15 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari program keahlian akuntansi, administrasi perkantoran dan pemasaran yang berjumlah 190 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proptional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 123 siswa. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan instrument penelitian berbentuk skala likert untuk persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam pengelolaan kelas (Variabel X) dan keaktifan belajar (Variabel Y). Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 33,89 + 0,64 X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan liliefors didapat Lhitung < Ltabel (0,0287 < 0,0798). Hal ini menunjukkan data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi di dapat Fhitung (1,03) < Ftabel (1,60) yang dapat di simpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung (55,85) > Ftabel (3,92) yang menandakan persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy 0, 5720. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif antara persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi di SMK Negeri 40 Jakarta. Dari perhitungan uji-t di dapat thitung = 7,734 > ttabel = 1,98 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel X yaitu motivasi belajar dengan variabel Y yaitu keaktifan belajar. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 32,71% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y keaktifan belajar ditentukan oleh variabel X persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam pengelolaan kelas sebesar 32,71%. Kata kunci : Persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam pengelolaan kelas, keaktifan belajar
This research conduct at SMK Negeri 15 Jakarta. The research method use is survey method. The population in this study is student class XI (Accounting, Office Administration and Marketing) SMK Negeri 15 Jakarta as many as 190 people. The sample used as many as 123 people. The sampling technique in this study is proportional sampling. To get data from two variables, research using likert scale model for Perception On Teacher Skill In Manamgement Class (Variable X) and learning activites (Variabel Y). Regression equation in this research is Ŷ = 33,89 + 0,92 X. From this equation test requirements analysis conducted by normality test error estimate the regression of Y on X obtained by liliefors. Lcount < Ltable (0,0287 < 0,0798) It mean the data are normally distributed. On the liniearity the regression test we got the result Fcount (1,03) < Ftable (1,60) which can be conclude that the regression model is linear. As for the meaningful test obtained Fcount (55,85) > Ftable (3,92), indicating that the regression equation means. The test result by using correlatin coefficient of Pearson product moment values obtained rxy = 0,5720. This means there is a positive relationship between Perception On Teacher Skill In Manamgement Class to learning activities of student class XI in SMK Negeri 15 Jakarta. From the t-test calculations obtained tcount = 7,734 > ttable = 1,98 indicating a significant relationship between Perception On Teacher Skill In Manamgement Class (Variable X) and learning activites (Variabel Y). From the calculation result obtained 32,71% coefficient of determination so it can be said that the variable Y learning Activities is determined by the variable X Perception On Teacher Skill In Manamgement Class of 32,71%. Keywords : Perception On Teacher Skill In Manamgement Class, learning activites
SS00013415 | SK 13415 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2023.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain