Text
Pengaruh konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap efikasi diri siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Wilayah Gugus VI Kelurahan Palmerah Jakarta Barat : path analysis
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap efikasi diri siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan sampel siswa di wilayah gugus VI kelurahan Palmerah Jakarta Barat sebanyak 133 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap efikasi diri. Analisis data dengan menggunakan uji signifikansi koefisiensi jalur variabel konsep diri dengan efikasi diri siswa diperoleh nilai koefisien thitung sebesar 3,61. Nilai koefisien ttabel yaitu 3,61 > 2,62 yang berarti konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, analisis data variabel Kecerdasan emosional dengan efikasi diri diperoleh nilai koefisien thitung sebesar 5,05. Nilai koefisien ttabel yaitu 5,05 > 2,62 yang berarti kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, dan analisis data variabel konsep diri dengan kecerdasan emosional diperoleh nilai koefisien thitung sebesar 3,21. Nilai koefisien ttabel yaitu 3,21 > 2,62 yang berarti konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional.
This study aims to examine the influence of self-concept and emotional intelligence on self-efficacy of students in social study. This study used a sample of students in the cluster VI area Palmerah West Jakarta as many as 133 students. The research method used in this research is path analysis. The results of this study indicate that there is a significant influence between self-concept and emotional intelligence on self-efficacy. Data analysis by using significance coefficient test of self concept variable with self efficacy of students obtained coefficient value of tcount 3,61. Ttable coefficient value that is 3.61> 2.62 which means self concept has a positive and significant effect on self efficacy, emotional data analysis variable with self-efficacy obtained coefficient value t count of 5.05. Ttable coefficient value is 5.05> 2.62 which means emotional intelligence has a positive and significant effect on self-efficacy, and data analysis of self concept variables with emotional intelligence obtained coefficient tcount value of 3.21. Ttable coefficient value is 3.21> 2.62 which means self concept has a positive and significant effect on emotional intelligence.
TM00000071 | TM 71 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain