Text
Pengaruh pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS kelas IV Gugus Binaan Pangeran Diponegoro Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon
Keberhasilan suatu pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut yaitu faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik. Penelitian ini mencoba menyelidiki faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dari segi bentuk pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode expost facto. Temuan yang terdapat dalam penelitian ini adalah : 1) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan pola asuh demokratis lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan pola asuh otoriter. 2) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi dinbandingkan dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang memiliki gaya belajar visual. 3) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan pola asuh demokratis lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan pola asuh otoriter yang sama-sama memiliki gaya belajar kinestetik. 4) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa siswa dengan pola asuh demokratis lebih rendah dibandingkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan pola asuh otoriter yang sama-sama memiliki gaya belajar visual. 5) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang memiliki gaya belajar visual yang samasama mendapatkan pola asuh demokratis. 6) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih rendah dibandingkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang memiliki gaya belajar visual yang sama-sama mendapatkan pola asuh otoriter. 7) Terdapat pengaruh interaksi antara pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
The success of a learning is influenced by several factors. Factors are intrinsic factor and extrinsic factor. This study tries to investigate the factors that influence student learning outcomes in terms of parenting patterns and student learning styles. This research uses expost facto method. The findings contained in this research are: 1) The result of learning Social Sciences students with democratic parenting is higher than the result of learning Social Science students with authoritarian parenting. 2) Social learning outcomes of students who have a kinesthetic learning style higher than the results of learning Social Sciences students who have a visual learning style. 3) The learning result of Social Sciences of students with democratic parenting is higher than the result of learning Social Sciences students with authoritarian parenting that have kinesthetic learning style. 4) The learning result of Social Sciences of students students with democratic parenting is lower than the result of learning Social Science students with authoritarian parenting that both have a visual learning style. 5) Social learning outcomes of students who have kinesthetic learning style higher than the results of learning Social Sciences students who have a visual learning style that together get a democratic parenting. 6) The result of learning Social Sciences students who have kinesthetic learning style is lower than the result of learning Social Sciences students who have visual learning styles that both get authoritarian parenting. 7) There is an interaction effect between parenting parenting and student learning styles on Social Science learning outcomes.
TM00000072 | TM 72 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain