Text
Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS melalui penggunaan pendekatan scientific bagi siswa kelas IV SD Regina Pacis Jakarta : penelitian tindakan SD Regina Pacis Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui pendekatan saintifik. Penelitian dilaksanakan di SD Regina Pacis mulai bulan Januari – Mei 2016 dengan subjek penelitian 26 siswa kelas IV. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi. Pada tahap analisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles & Huberman yang meliputi reduksi untuk penyederhanaan data, display dengan menggunakan tabel, grafik, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keaktifan siswa. Berdasarkan hasil observasi terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS pada pra siklus memperlihatkan bahwa keaktifan 50% dalam kategori kurang. Pada siklus I mulai terjadi peningkatan yaitu tidak ada siswa yang berada pada kategori baik sekali, 20% berada pada kategori baik 75% dan 5% berada pada kategori cukup dari jumlah 26 siswa. Sedangkan pada siklus II keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS lebih baik proses pembelajaran IPS sudah memunculkan suasana yang merangsang siswa untuk aktif dengan kenyataan bahwa dari 20 indikator yang diobservasi, 55% berada pada kategori baik sekali dan 40% pada kategori baik, dan 5% berada pada kategori cukup. Guru menggunakan pendekatan saintifik yang menarik siswa untuk aktif melakukan eksplorasi terhadap pengetahuan, informasi, konsep-konsep yang dipelajari dalam IPS, khususnya dalam memecahkan masalah sosial.
The purpose of this research is to improve students' activity through a scientific approach.This research was conducted in SD Regina Pacis began in January-May 2016, with the subject of the study 26 students of class IV. This study uses a model of action research methods Kemmis and McTaggart consisting of four phases, namely, planning, action, observation, and reflection.Data collection techniques using field notes, documentation, and observation. At this stage of data analysis using qualitative analysis model of Miles & Huberman that includes reduction for simplification of data, display using tables, graphs, and verification.The results showed that the social studies study using the scientific approach can enhance the activity of the students. Based on the observation of the activity of students in learning social studies in pre-cycle shows that the activity of 50% in the poor category. In the first cycle began an increase that is no student who is in the category of less, 20% are in the category very good, 75% are in category good. And 5% in category enough of the number of 26 students. While on the second cycle students' activity in learning better social studies learning process is already generating an atmosphere that stimulates students to be active with the fact that of the 20 indicators were observed, 55% are in the category very good, 40% in category good and 5% in category enough. Teachers use a scientific approach that attracts students to actively explore the knowledge, information, concepts studied in social studies, especially in solving social problems.
TM00000075 | TM 75 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain