Text
Pengaruh belanja hedonik, promosi penjualan, dan atmosfer toko terhadap pembelian impulsif pada 7-Eleven : studi pada pengunjung gerai 7-Eleven Salemba Jakarta Pusat
ABSTRAK
Jessica. 2016. Pengaruh Belanja Hedonik, Promosi Penjualan dan Atmosfer Toko Terhadap Pembelian Impulsif 7-Eleven (Studi Pada Pengunjung Gerai 7-Eleven Salemba, Jakarta Pusat). Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh belanja hedonik terhadap pembelian impulsif pada gerai 7-Eleven Salemba, Jakarta Pusat. 2) untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap pembelian impulsif pada gerai 7-Eleven Salemba, Jakarta Pusat. 3) untuk mengetahui pengaruh atmosfer toko terhadap pembelian impulsif pada gerai 7-Eleven Salemba, Jakarta Pusat. 4) Untuk mengetahui pengaruh belanja hedonik, promosi penjualan dan atmosfer toko secara bersama-sama terhadap pembelian impulsif pada gerai 7-Eleven Salemba, Jakarta Pusat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengunjung yang sudah pernah berbelanja minimal 3 kali di 7-Eleven. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda, dan alat analisis data menggunakan program SPSS versi 22. Hasil pengujian hipotesis menunjukan : (1) Belanja hedonik berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada gerai 7-Eleven Salemba dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan thitung sebesar 5,204; (2) Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada gerai 7-Eleven Salemba dengan nilai signifikan sebesar 0,013 dan thitung sebesar 2,529 ; (3) Atmosfer toko tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pada gerai 7-Eleven Salemba dengan nilai signifikan sebesar 0,874 dan thitung sebesar 0,159 ; (4) Belanja hedonik, promosi penjualan dan atmosfer toko secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan nilai Fhitung sebesar 16,574 yang lebih besar dari Ftabel 2.70.
Kata Kunci : Belanja Hedonik, Promosi Penjualan, Atmosfer Toko, Pembelian Impulsif Bibliografi : lembar 130-134
SS00013323 | SK 13323 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain