Text
Pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 15 Jakarta mata pelajaran pengantar akuntansi tahun ajaran 2016-2017
ABSTRAK
ADI SOPYAN. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 15 Jakarta Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Tahun Ajaran 2016/2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 15 Jakarta mata pelajaran pengantar akuntansi tahun ajaran 2016/2017. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa, terdapat pengaruh antara minat baca terhadap hasil belajar siswa, dan terdapat pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi SMKN 15 Jakarta tahun ajaran 2016/2017 dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X bidang keahlian akuntansi yang berjumlah 137 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 100 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien regresi secara simultan , nilai Fhitung = 8,582 > Ftabel = 3,09 dengan nilai siginifikansi 0,000 dan tingkat signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. sedangkan pada hasil uji koefisien regresi secara parsial, yaitu pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa sebesar thitung = 2,135 > ttabel = 1,985 dapat simpulkan pemanfaatan perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Nilai thitung minat baca sebesar 3,212 > ttabel = 1,985 dapat disimpulkan minat baca berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Uji Hipotesis menyatakan bahwa secara simultan maupun parsial semua variabel independen (pemanfaatan perpustakaan dan minat baca) memengaruhi variabel dependen (hasil belajar siswa). Penemuan dalam penelitian ini menunjukan layanan sirkulasi merupakan indikator dominan dalam pemanfaatan perpustakaan, dan perasaan senang dalam membaca merupakan indikator dominan dalam minat baca. Hasil menunjukan sebesar 15% pemanfaatan perpustakaan dan minat baca memengaruhi hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Minat Baca, Hasil Belajar Bibliografi : lembar 106-108
SS00013509 | SK 13509 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain