Text
Hubungan antara kelompok referensi dan citra merek dengan keputusan pembelian Handphone Samsung pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
ALFI FITRI YENI. Hubungan Antara Kelompok Referensi dan Citra Merek dengan Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta, selama empat bulan terhitung sejak Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kelompok referensi dengan keputusan pembelian dan hubungan antara citra merek dengan keputusan pembelian handphone Samsung Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode surveydengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta yang pernah membeli handphone Samsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 110 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 45,91 + 0,59X1 dan Ŷ = 36,60 + 0,74X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilieforsmenghasilkan Lhitung = 0,0803 untuk Y atas X1 dan Lhitung = 0,0791 untuk Y atas X2, sedangkan Ltabel untuk n= 110 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0844. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X1 dan Y atas X2 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu, 1,12 < 1,56 untuk X1 dan 1,11 Ftabel yaitu, 84,85> 3,91 untuk X1 dan 86,17 > 3,91 untuk X2, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,663 untuk X1 dan rxy = 0,666 untuk X2, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thtiung = 9,211untuk X1 dan thitung = 9,238 untuk X2 dan ttabel = 1,66 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,663 untuk X1 dan rxy = 0,666 untuk X2 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 44,00% yang menunjukan bahwa 44,00% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh kelompok referensi dan 44,38% yang menunjukan bahwa 44,38% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh citra merek. Bibliografi : lembar 94-96
SS00013508 | SK 13508 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain