Text
Hubungan antara kreativitas dan sikap siswa dlam proses pembelajaran dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri di Jakarta
ABSTRAK
ATIKAH KUSUMANINGSIH. Hubungan antara Kreativitas dan Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran dengan Prestasi Belajar pada siswa SMK Negeri 40 Jakarta.Jakarta : Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara kreativitas dan sikap siswa dalam proses pembelajaran dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 40 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 40 Jakarta. Selama empat bulan terhitung sejak bulan Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas X SMK Negeri 40 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 114 siswa. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X1 dan Y adalah Ŷ = 52,65 + 0,41X1. Uji Persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Lilliefors Menghasilkan Lhitung = 0,048, sedangkan Ltabel untuk n = 114 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0883 karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran berdistribusi normal. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel 1,39 < 1,65 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 86,85 > 3,93 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisiensi korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,625 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisiensi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 8,479 dan ttabel =1,66 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisiensi korelasi rxy = 0,625 adalah positif dan signifikan. Koefisiensi determinasi diperoleh sebesar 0.3909 yang menunjukan bahwa 39,09% variabel prestasi belajar ditentukan oleh Kreativitas siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan X2 dan Y adalah Ŷ = 66,08 + 0,23X2. Uji Persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan uji Lilliefors Menghasilkan Lhitung = 0,055, sedangkan Ltabel untuk n = 114 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0883 karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran berdistribusi normal. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel 2,31 < 1,63 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 36,95 > 3,93 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisiensi korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,640 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisiensi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 8,806 dan ttabel =1,66 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisiensi korelasi rxy = 0,640 adalah positif dan signifikan. Koefisiensi determinasi diperoleh sebesar 0.4091 yang menunjukan bahwa 40,91% variabel prestasi belajar ditentukan oleh Sikap siswa
Kata kunci : Prestasi Belajar, Kreativitas, Sikap Siswa Bibliografi : lembar 94-95
SS00013409 | SK 13409 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain