Text
Pengaruh fasilitas belajar dan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK Tirta Sari Surya Jakarta Timur
Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung mulai bulan Februari sampai dengan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan metode survey dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Tirta Sari Surya. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 137 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Untuk menjaring data hasil belajar (Y) didapatkan dari hasil rapot bayangan mata pelajaran otomatisasi perkantoran di semester 2, sedangkan data fasilitas belajar (X1) dan pengelolaan kelas (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara fasilitas belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 6,266 > ttabel 1,66. Pengelolaan kelas berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 5,178 > nilai ttabel sebesar 1,66. Fasilitas Belajar dan Pengelolaan Kelas secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 45,290 > nilai Ftabel sebesar 3,09. Persamaan regresi yang didapat adalaĥ Ŷ = 26,743 + 0,177X1 + 0,320X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,483 yang berarti fasilitas belajar (X1) dan pengelolaan kelas (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 48,3%. Berdasarkan hasil perhitungan, indikator tertinggi dari fasilitas belajar adalah Sarana dengan persentase sebesar 51,81%, diikuti Prasarana dengan 48,19%. Selanjutnya indikator tertinggi dari pengelolaan kelas adalah penciptaan dengan 34,59% dan terendah adalah pemeliharaan dengan 31,98%. Kesimpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah pihak sekolah sebaiknya memperbaruhi perabot penunjang proses belajar terutama meja dan kursi belajar agar mengikuti perkembangan jaman. Dari pengelolaan kelas juga guru sebaiknya lebih memperhatikan kerapihan pakaian siswanya selama melakukan proses mengajar di kelas. Kata Kunci: Hasil Belajar, Fasilitas Belajar, Pengelolaan Kelas
This research was carried out for four months since February 2017 until May 2017. The method of this research is survey method with causality approach. The population in this research were all the students at SMK Tirta Sari Surya East Jakarta. The affordable population were all the 10th grade students of the office administration with total 137 students. Sampling techniques used was proportional random sampling, so the sample in this research is amounted 100 respondents. Data collecting technique, were used logging documents, interviews and questionnaires. To get the data results of the study, done by averaged the shadow raport of office automatily subject in 2nd semester, while learning facility and management classroom obtained by giving questionnaires to respondents. Data analysis technique used were the test requirement analysis consists of a normality test and lineariti test, classical assumption test, multiple linear regression test, hypothesis test which consists of t-test and f-test. Based on the results of data analysis can be known that there are partially effect between the learning facility with learning outcomes. It can be seen from the results of data analysis which shows tcount 6,266 > ttable 1,66. Management Classroom partially effects on learning outcomes, it’s seen from the results of the data analysis that shows tcount 5,178> ttable 1,66. Learning Facility and management classroom simultaneously effect on learning outcomes, it’s seen by data analysis that shows fcount 45,290 > ftable 3,09. The obtained regretion equation is Ŷ= 26,743 + 0,177X1 + 0,320X2. Based on determination of the coefficient test R2 is 0,483 that’s means learning facility and management classroom effects on learning outcomes amount 48,3%. Based on accounting, higher indicator from learning facility is tool with 51,81%, following infrastucture with 48,19%, and then higher indicator from management classroom is build with 34,59% and lower indicator is maintain with 31,98%. The conclusion from this research is learning facilitiy and management classroom have influence on learning outcomes in simultaneous and partial. Suggestion from this research is the school must to update their furniture for learning activity in the class especially table and chair so following the era development. From management classroom, teacher must to be care about neatness from their student during learning activity in the class. Keyword: Learning outcomes, learning facility, management classroom
SS00013401 | SK 13401 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain