Text
Pengaruh media pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran asar-Dasar Perbankan kelas X Akuntansi di SMK Negeri 42 Jakarta
ABSTRAK
MONICA DEWI. Pengaruh Media Pembelajaran E-learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 42 Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X Akuntansi di SMK Negeri 42 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 42 Jakarta. Penelitian ini dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dengan tiga kali latihan dan satu kali ulangan harian, dimulai dari tanggal 7 April sampai dengan 5 Mei 2017. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan desain penelitian post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 42 Jakarta dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan ditentukan kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen dan X Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas soal dengan 30 butir soal telah divalidasi sebanyak 25 butir soal dan sisanya sebanyak 5 butir drop. Hasil uji reliabilitas soal diperoleh sebesar 0,803 artinya 80,3% soal reliabel. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji coba persyaratan analisis, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukan bahwa kelas eksperimen diperoleh Lhitung (0,113) < Ltabel (0,147) ini berarti data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung (0,101) < Ltabel (0,147) ini berarti data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas menunjukan bahwa Fhitung (1,22) dan Ftabel (1,76) ini berarti Fhitung (1,22)
SS00013404 | SK 13404 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain