Text
Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa SMKN 03 Depok
ABSTRAK
Mentari Prabawati. 8105132119. Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa SMKN 03 Depok. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa inggris di SMKN 03 Depok.
Penelitian ini dilakukan selama januari bulan, terhitung sejak bulan Januari 2017 sampai dengan bulan April 2017. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 03 Depok dengan populasi terjangkaunya siswa Administrasi Perkatoran kelas X (sepuluh) yang berjumlah 94 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak proporsional, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 75 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, pencatatan dokumen dan kuesioner. Untuk mendapatkan data hasil belajar(Y), dilakukan dengan cara menghitung rata-rata nilai hasil ulangan harian mata pelajaran Bahasa Inggris semester genap. Kemudian data kecerdasan emosional (X1) dan motivasi belajar (X2) didapatkan dari hasil sebaran kuesioner pada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara kecerdasan emosional dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 5.594 > nilai ttabel 1.669. Memudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara motivasi belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3.790 > nilai ttabel 1.669. Kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 45.152 > nilai Ftabel sebesar 3.12. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 33.786 + 0116X1 + 0.122X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0.556 yang artinya kecerdasan emosional (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 55.6%.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Bibliografi : lembar 88-89
SS00013407 | SK 13407 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain